KEAJAIBAN SEDEKAH

        Diantara dasar keyakinan seorang muslim adalah melakukan sebab yang dirinya dengan tawakal yang benar kepada Allah 'Ajawajalla dan berbaik sangka kepadaNya.

Pengertian Sedekah
        Sedekah menurut bahasa adalah sebuah kata benda yang dipakai untuk suatu hal yang disedekahkan. Kata tersebut diambil dari unsu huruf Shad, Dal, dan Qaf, dari unsur "ash-Shidq", diambillah kata sedekah karena sedekah itu menunjukkan kepada kebenaran penghambaan kepada Allah.

        Al-Jurjani berkata, "sedekah adalah sebuah pemberian yang diharapkan ganjarannya dari Allah SWT.

    Ar-Raghib berkata , "sedekah adalah harta yang dikeluarkan oleh manusia dengan maksud ibadah seperti zakat, akan tetapi sedekah itu pada dasarnya disyariatkan untuk suatu perkara yang disunahkan, sedangkan zakat untuk suatu hal yang diwajibkan."


    An-Nawawi berkata, "disebut sebagai sedekah adalah karena ia merupakan sebuah bukti atas kepercayaan pelakunya, kebenaran (shidqu) keimanannya, baik lahir maupun bathin, maka sedekah itu adalah keyakinan dan kebenaran imannya."

Diantara Pendapat Para Salaf Tentang Sedekah

        Dari Umar ra berkata, "sesungguhnya amal-amal itu saling berbangga diri, lalu sedekah berkata,'saya yang paling baik diantarakalian'. Abdul Aziz bin Umair berkata, "shalat itu akan menyampaikan dirimu setengah perjalanan, puasa menyampaikan dirimu kepda pintu sang raja, Allah. Sedang sedekah menyampaikan dirimu kehadapan raja tersebut."

        Ibnu Abi al-Ja'd berkata, "sesungguhnya sedekah itu benar-bnar meghilagkan tujuh puluhpintu beburukan."

        Asy-Sya'bi berkata, "barang siapa yang tidak memperlihatkan bahwa dirinya lebih butuh kepada ganjaran sedekah daripada seorang fakir yang butuh sedekah, maka dia telah membatalkan sedekahnya, dan telah memukul wajahnya sendiri dengannya."

        Al-Laits bin Sa'd pernah berkata, "barang siapa yang telah mengambil dariku suatu sedekah atau hadiah, maka hak atas dirinya adalah lebih besar daripada hak diriku atas dirinya, karena dia telah menerima apa yang telah aku korbankan kepada Allah SWT."

        Al-Fudhail bin Iyadh pernah berkata kepada orang-orang yang menerima sedekah, "mereka membawa perbekalan-perbekalan kita menuju akhirat tanpa upah sedikitpun hingga mereka meletakkannya diatas timbangan dihadapan Allah SWT."

        Apabila salah seorang dari seorang shalih didatangi seorang fakir seraya meminta sedekah kepadanya, maka dia berkata, "selamat datang wahai orang yang hadir untuk membawakan perbekalan kami kepada Rabb kami."

Pahala Sedekah dan Buahnya

Sedekah adalah sebuah penyucian dan pembersihan

Allah SWT berfirman, yang artinya

"Ambillah zakat dari sebagian harta mereka yang dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka. Sesungguhnya doamu itumenjadi ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha
Mengetahui." (Q.S. At-Taubah : 103)

Sedekah adalah bentuk ketundukkan kepada perintah Allah dan Rasul Nya

Allah berfirman yang artinya

" Katakanlah kepada hamba-hambaKu yang beriman, 'hendaklah mereka mendirikan shalat,menafkahkan sebagian rizki yang kami berikan keada mereka secara sembunyi atau terang-terangan, sebelum datang hari (kiamat) yang pada hari itu tidak ada jual beli dan persahabatan'." (Q.S. Ibrahim : 31)

Allah pun erfirman dalam Q.S. Al-Anfal : 24, Asy-Syura : 47, Al-Baqarah : 254, Al- Munafiqun : 10.

Seorang mukmin berada dalam naungan sedekahnya pada hari kiamat

Rasulullah SAW, bersabda

"Setiap orang berada dibawah naungan sedekahnya hingga manusia diadili oleh pengadilan Allah."

Sedekah itu akan menghindarkan dari musibah dan menghindarkan dari kematian yang buruk

Dari Abu Ummah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda

"Perbuatan yang baik akan menghindarkan diri dari pintu keburukkan, sedekah yang tersembunyi itu akan memadamkan amarah Allah, dan menyambung tali silaturrahim akan menambah umur."

Sedekah adalah bukti nyata dari iman yang benar

Yang demikian adalah pembenaran dari sabda Nabi SAW

"Bersuci itu sebagian dari iman, Alhamdulillah memenuhi timbangan, Subhanallah dan Alhamdulillah adalah memenuhi apa yang ada di antara langit dan bumi, shalat itu cahaya, sedekah itu bukti nyata, sabaritu pelita, sedang Al-Qur'an itu adalah hujjah untuk memberimu pahala (apabila kamu mengamalkanny), dan hujjah untuk menghukummu (apabila kamu tidak mengamalkannya), setiap manusia berusaha dan menjual dirinya, maka diantara mi\ereka ada yang membebaskannya (dengan kebaikan atau menghancurkannya dengan dosa dan kemaksiatan)."

Sedekah itu sebagai tebusan bagi seorang muslim dari belenggunya

Belenggu seorang muslim adalah semua dosa dan kemaksiatan dirinya,dan betapa banyak kita dibelenggu oleh dosa dan maksiat.

Allah SWT memberikan ganti orang yang memberikan sedekah

Allah berfirman dalam Q.S. Saba' : 39

Pahala sedekah tidaklah terputus dari pemberinya setelah kematian

Rasulullah SAW bersabda

"Apabila seorang manusia meninggal dunia maka terputuslah semua amalnya,kecuali tiga perkara, sedekah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang shalih."

Sedekah itu menghapus kesalahan

Dari Mu'adz bin jabbal ra, Rasulullah SAW bersabda

"Sedekah itu menghapus kesalahan sebagaimana api memakan kayu bakar."

Petunjuk Nabi SAW Tentang Sedekah

Diungkapkan oleh Ibnu al-Qoyyim, Rasulullah adalah orang yang paling banyak sedekahnya, beliau tidak pernah meminta banyak apa yang di berikan Allah untuknya, dan tidak memandang sedikit pemberiannya. Setiap orang yang meminta kepadanya, ia selalu memberi. Pemberiannya seperti orang yang tak takut miskin. Sedekah beliau adalah dengan apa yang dimilikinya.

Beberapa Contoh Riwayat Para Pemberi Sedekah

Kedermawanan Rasulullah

Tidaklah pernah sama sekali Rasulullah SAWdimintai sesuatu lalu ia berkata tidak.

Infak Abu Bakar Ash-Shiddiq

Abu Bakar telah memberikan seluruh hartanya dan hanya meninggalkan sedikit saja untuk keluarganya. Ketika ditanya Rasulullah SAW, "Tidakkah ada yang engaku sisakan buat keluarganmu ?", Dia menjawab, " Saya telah menyisakan Allah dan RasulNya buat mereka."

Berobat Dengan Sedekah

Dari al- Aswad bin Yazid dari Abdullah barkata, Rasulullah SAW bersabda

"Obatilah orang-orang sakit dengan sedekah, bentengi harta kalian dengan zakat dan siapkan doa untuk menghadapi musibah."

No comments:

Post a Comment